2 Cara Tes Ovulasi untuk Mengetahui Masa Subur Dengan Akurat

Ilustrasi kehamilan

Salah satu cara meningkatkan berhasilnya pembuahan adalah menentukan waktu saat berhubungan seksual dengan pasangan. Untuk mengetahui seorang wanita telah memasuki masa ovulasinya adalah menggunakan dua cara. Cara yang pertama, dapat dilakukan secara manual menggunakan kalender masa ovulasi. Sedangkan cara kedua, dapat menggunakan alat tes ovulasi. Umumnya anda dapat menemukan alat tes ovulasi di apotik. Jika anda masih asing dengan keduanya, simak penjelasan cara tes ovulasi pada wanita.

1.     Menghitung masa subur wanita dengan kalender ovulasi

Cara menghitung ovulasi yang tepat adalah dengan mengetahui siklus haid seorang wanita. Sehingga sangat perlu kiranya, jika setiap wanita memiliki kalender masa ovulasi. Jika anda sudah terlanjur lupa dengan siklus haid awal anda. Anda dapat menggunakan siklus haid 8 bulan terakhir.

Berikut kalkulator masa ovulasi yang dapat anda jadikan panduan:

  1. Ketahui siklus terpendek dalam menstruasi. Misalnya, jika anda memiliki waktu terpendek 27 hari. Maka, anda dapat mengurangi angka tersebut dengan bilangan 18. Sehingga akan didapatkan hasil 9 hari. Maka, hari kesembilan setelah masa haid inilah anda akan memasuki masa subur.
  2. Kalkultor masa ovulasi selanjutnya, anda dapat menggunakan siklus terpanjang anda. Perumpamaannya, jika anda memiliki waktu terpanjang 30 hari. Maka, kurangilah bilangan tersebut dengan angka 11. Hasil pengurangan keduanya adalah 19 hari. Angka yang didapatkan ini, merupakan hari terakhir masa subur anda. Demikian cara menghitung ovulasi.

2.     Mengenali tanda – tanda masa subur wanita

Selain menggunakan kalender ovulasi, anda juga dapat mengetahui masa subur dengan mengetahui tanda – tanda yang anda alami. Berikut beberapa tanda anda memasuki masa subur:

  1. Suhu basal tubuh meningkat

Suhu normal seorang wanita jika bangun di pagi hari adalah 35,5-36,6 Celsius. Jika anda sedang berada pada masa ovulasi, maka suhu tubuh anda akan meningkat.

  1. Munculnya rasa nyeri ovulasi

Pada sebagian wanita biasanya akan merasakan nyeri sebelum memasuki siklus menstruasi. Tetapi ada juga yang merasakan setelahnya. Bagi anda yang merasakan sebelum menstruasi. Tanda nyeri ini dapat dijadikan sebagai kalender masa ovulasi.

  1. Terdapat lendir pada serviks

Salah satu tanda lainnya adalah munculnya lendir pada serviks. Fungsi dari lendir ini adalah untuk mempermudah sperma membuahi sel telur.

Untuk meningkatkan akurasi masa subur, anda dapat menggunakan alat tes ovulasi yang berada di pasaran. Berbeda dengan tes kehamilan, stater pack pada test ovulasi adalah Luitenizing hormone. Anda dapat menggunakannya saat anda sudah mengalami tanda – tanda yang telah disebutkan di atas.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *