Manfaat Melakukan Tes Masa Subur

Wanita Hamil

Bagi pasangan suami istri yang bermaksud untuk segera memiliki buah hati, maka sebaiknya mengikuti program kehamilan dengan berkonsultasi ke dokter, dan lalukan hubungan suami istri dengan secara tepat waktu, yakni tepat di puncak masa kesuburan atau sekitar waktu itu. Itulah antara lain manfaat dari melakukan tes masa subur itu.

Masa Subur atau Masa Ovulasi

Selain mengalami siklus datang bulan atau menstruasi atau haid setiap bulannya, maka tubuh wanita juga mengalami yang namanya masa subur atau masa ovulasi, yakni suatu masa ketika sel-sel telur telah matang dan telah terlepas dari ovarium dan lalu telah berada di rahim serta siap untuk dibuahi. Dengan demikian maka ketika bertemu dengan sperma maka sel telur tersebut lalu bisa menjadi embrio dan terjadi kehamilan. Sedangkan masa haid atau menstruasi itu adalah ketika sel telur yang tidak terbuahi menjadi luruh dan keluar dibuang oleh tubuh lewat darah haid setiap bulannya. Siklus haid tersebut bisa tidak sama, ada yang pendek yakni sekitar 21 dan ada yang panjang mendekati 35 hari. Guna mengetahui waktu masa subur maka bisa dilakukan perhitungan manual dengan  kalkulator masa subur bagi yang siklus haidnya pendek maka bisa dikurangi dengan angka 18, sedangkan bagi yang siklus haidnya panjang bisa dikurangi dengan angka 11. Masa subur atau masa ovulasi tersebut terjadi sekitar pada hari ke 13 atau di hari ke 14 setelah masa haid terakhir selesai terjadi, atau pada umumnya terjadi sekitar 16 hari setelah haid hari pertama atau rentang kurun waktu sekitar 14 hari sebelum waktu haid berikutnya.

Manfaat Penggunaan Alat Tes Masa Subur Wanita

Perhitungan tibanya masa subur atau masa ovulasi secara manual tersebut kurang akurat apalagi jika siklus haidnya tidak teratur. Guna mendapatkan hasil yang lebih tepat dan akurat maka sebaiknya pergunakan alat tes masa subur wanita atau ovulation test yang bisa dibeli di apotik terdekat. Itulah manfaat dari penggunaan alat masa subur tersebut  yakni mendapatkan hasil yang secara akurat mudah dan cepat  yakni hanya berkisar 5 menit saja, mengenai masa subur atau tidaknya. Hasil yang tepat dan akurat tersebut bisa terjadi dikarenakan benar-benar dilakukan dengan berdasarkan pada kondisi tubuh yang terkini, yakni yang diwakili oleh hasil reaksi alat tes masa subur wanita terhadap kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) pada urin yang diteteskan pada ujung alat tes masa subur wanita tersebut.

Setelah tahu masa suburnya kemudian lakukan hubungan suami istri hingga sekitar 7 hari ke depan, guna memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *