Ini Dia Keuntungan Keuntungan dari Pentingnya Asuransi Syariat

stetoskop

Selain rasa aman, kehadiran asuransi syariat lebih adil dalam pembagian keuntungan, sebab tidak ada pihak lain yang mendapatkan untung dalam nilai besar dari pihak lainnya. Asuransi ini tidak seperti asuransi konvensional yang memakai kontrak jual beli, sedangkan asuransi syariat menerapkan kontrak tolong menolong antar nasabah saat dalam kesulitan atau takafuli. Sebab itu pentingnya asuransi syariat ini Anda ikuti.

Pentingnya Asuransi Syariat Hingga Keuntungan Keuntungan yang Diperoleh

Akad tabaduli yang dipakai asuransi konvensional, bila terjadi jual beli maka resiko ditanggung nasabah dan perusahaan asuransi. Maka jika terjadi risk transferring atau transfer risiko ke perusahaan dari nasabah. Jadi disini perusahaan yang dibebani karena itu perusahaan akan mencari cara risiko mampu ditanggung melalui paket asuransi yang dimasukkan unsur risiko.

Berbeda dengan asuransi syariat di mana menggunakan prinsip tolong menolong yakni resiko ditanggung bersama-sama dengan begitu lebih adil. Berikut keuntungan yang didapat dari asuransi ini.

  1. Konsep Syariat Tolong Menolong

Dalam asuransi syariat prinsip tolong menolong ini memakai konsep donasi, dengan begitu ketika Anda memilih asuransi dengan sifat syariat. Maka Anda tengah mendonasikan separuh dananya untuk membantu ketika terkena musibah nasabah lain. Melalui konsep ini membuat dana yang diinvestasikan tidak menghilang selama investasi. Pada waktu tertentu akan dibagi secara merata keuntungan yang diperoleh. Sehingga semua aman dan nyaman.

2. Menggunakan Konsep Risk Transfer, Bukan Risk Sharing, Lebih Adil serta Menguntungkan

Konsep yang diterapkan asuransi ini ialah risk sharing sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian, sebab perusahaan tidak dilimpahkan risiko. Dari hal ini nasabah merupakan kumpulan dana tabarru yang menguntungkan serta dapat manfaatnya diambil. Karena itu, asuransi syariat lebih adil.

3. Tak Ada Istilah Dana Hangus sebab Konsepnya ialah Titipan atau Wadiah

Istilah uang hangus biasanya didapatkan dari asuransi konvensional, disebabkan tidak membayar premi dengan kesepakatan di awal minimal waktu. Namun istilah tersebut tidak digunakan asuransi syariat, karena asuransi ini akan memberikan nasabah uangnya kembali walau jatuh tempo belum tiba.

Konsep wadiah yang dipakai asuransi syariat, melalui konsep ini dana Anda akan kembali dari rekening tabarru yang dipisahkan dari rekening peserta. Adapun biaya pembebasan operasional ini ditanggung oleh pemegang polis sendiri. Tanggungannya dari premi kena 30%, sedangkan 70% dari premi ialah pembentukan nilai tunai yang terbentuk di awal tahun.

4. Lebih Transparan

Dalam hal pengelolaan dana asuransi syariah konsep awal digunakan pembagiannya jelas, contohnya bagian untuk pengelola berapa yang didapat, dan untuk porsi dari risiko yang didapat pemegang polis jumlahnya berapa.

Bagi umat muslim pentingnya asuransi syariat tentunya agar para nasabah mendapatkan keuntungan yang aman dan halal. Dengan begitu, tidak ada pihak yang dirugikan baik nasabah dan perusahaan asuransi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *