Bagaimana Cara Melakukan Investasi Reksadana Saham?

uang dalam koper

Jika Anda tengah menimbang-nimbang bentuk investasi yang bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan modal dalam jumlah besar, mungkin investasi reksadana bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda apalagi jika Anda ingin masuk ke dunia investasi pasar modal. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi ini. Tentu Anda tak hanya bisa mengharapkan keuntungan tanpa mengetahui risiko investasi ini. Nah, setelah mempelajari reksadana secara seksama, Anda mungkin tiba pada pertanyaan mengenai cara memilih reksadana sebagai pililhan investasi. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Memilih Platform Reksadana

Jika Anda ingin melakukan investasi dalam bentuk reksadana, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menemukan wadah untuk melakukan investasi ini. Berbagai platform bisa Anda temukan untuk melakukan jenis investasi ini. Anda bisa menemukan bank-bank yang menjadi platform reksadana misalnya. Akan tetapi, opsi Anda tak melulu hanya melalui bank. Anda bisa pula menemukan platform reksadana online yang menawarkan lebih banyak pilihan untuk melakukan investasi ini. Sebelum memilih platform, ada baiknya Anda mempelajari tawaran platform-platform tersebut untuk mendapatkan yang platform yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mendaftar Menjadi Anggota

Setelah menentukan platform reksadana saham yang sesuai dengan hati dan kebutuhan Anda, langkah selanjutnya adalah mendaftar menjadi anggota. Anda bisa mempelajari syarat pendaftaran anggota masing-masing platform. Anda mungkin menemukan platform reksadana yang meminta Anda untuk datang langsung ke kantor terdekat untuk mendaftar, tetapi Anda juga bisa menemukan platform yang menerima pendaftaran anggota secara online.

Melakukan Deposit Modal

Begitu terdaftar sebagai anggota, Anda sudah bisa langsung melakukan deposit dana. Setelah dana deposit Anda masuk dalam rekening yang Anda gunakan untuk mendaftar anggota, Anda bisa memilih reksadana saham yang Anda inginkan. Tentu Anda perlu mempertimbangkan tujuan investasi Anda untuk mendapatkan pilihan reksadana saham yang paling tepat.

Memilih dan Membeli Reksadana Saham

Hal yang paling penting dalam investasi reksadana saham adalah memilih reksadana saham yang paling tepat. Perlu diingat, Anda hanya bisa melakukan investasi pada reksadana saham yang sudah terdaftar dalam platform reksadana yang Anda pilih. Anda perlu memilih reksadana saham berdasarkan perolehan penghargaan terbaik, pengembalian tertinggi, atau dana kelolaan. Setelah menemukan reksadana saham yang tepat, Anda bisa membelinya.

Mengawasi Kinerja Reksadana

Setelah membeli reksadana saham, bukan berarti Anda sudah bisa bebas dan tinggal menunggu hasil investasi Anda. Anda masih perlu memantau kinerja reksadana saham Anda. Anda perlu mengetahui nilai investasi Anda. Dengan memonitor kinerja reksadana Anda, Anda bisa memantau potensi keuntungan dan bahkan kerugian investasi yang Anda lakukan.

Menjual Unit Reksadana

Tentu, bila saatnya tiba Anda bisa menjual investasi reksadana saham. Anda bisa melakukan pencairan dana dari investasi berupa reksadana saham yang sudah Anda lakukan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *