Perbedaan Gas Oven dan Oven Listrik

Perbedaan Gas Oven dan Oven Listrik

Sebagai seorang yang suka memasak maupun mengeksplorasi resep-resep makanan, terutama makanan di dunia baking, tentunya oven menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki. Sedangkan saat ini oven memiliki banyak jenis varian yang cukup banyak. Namun yang menjadi top atas dari berbagai jenis oven adalah oven listrik dan gas oven. Namun mana yang lebih unggul? Apa pula perbedaan dari kedua jenis oven tersebut? Untuk lebih detail dari oven listrik maupun oven gas, yuk perhatikan review singkat tentang kedua oven tersebut.

Oven Listrik

Oven listrik merupakan jenis oven yang paling praktis, sampai saat ini. Hal ini dikarenakan cara penggunaannya yang mudah dan simpel. Untuk menggunakan oven listrik kamu hanya perlu mencolokkan kabel ke sumber listrik. Setelah oven cukup panas kamu tinggal memanggang bahan makanan.

Gas Oven

Sesuai dengan namanya gas oven merupakan salah satu jenis oven yang menggunakan gas atau elpiji sebagai sumber panas utamanya. Ada dua jenis oven gas yang cukup familiar, yaitu oven gas yang berdiri sendiri dan oven gas yang menyatu dengan kompor. Oven gas yang menyatu dengan kompor sering kali ditemukan di dapur rumah. Sedangkan oven gas yang murni oven banyak ditemukan untuk usaha makanan atau kue dan di dapur restoran.

Perbedaan

Setelah melihat review singkat tentang oven listrik dan gas oven dapat kita simpulkan bahwa penggunaan oven listrik maupun oven gas tergantung dengan kebutuhan. Berikut adalah perbedaan antara oven listrik dan oven gas yang cukup mencolok.

  • Tempat

Dilihat dari segi bentuk oven listrik maupun oven gas yang cukup standar, oven listrik lebih hemat tempat dibandingkan dengan oven gas. Ini dikarenakan oven gas memiliki kapasitas yang besar. Sehingga dapat digunakan untuk memanggang dalam jumlah yang banyak. Selain itu ada oven gas yang menyatu dengan kompor jadi masalah tempat mungkin keduanya termasuk seimbang. Apalagi dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

  • Kebutuhan Penggunaan

Jika kamu membutuhkan oven hanya untuk sekali atau dua kali dalam sebulan mungkin lebih disarankan ke oven listrik yang cukup praktis. Namun jika kamu sering menggunakan oven, alangkah baiknya kamu menggunakan oven gas. Ini dikarenakan jika kamu menggunakan oven listrik dalam jangka yang cukup sering, maka niscaya tagihan listrik kamu akan melonjak tinggi.

Oven listrik memerlukan tegangan listrik yang tinggi. Sehingga jika sering digunakan akan membuat tagihan listrik naik. Berbeda dengan oven gas yang hanya memerlukan gas sebagai sumber panasnya dan efisiensi penggunaan gas bisa diatur dengan valve. Jadi jika dilihat lebih hemat dan efisien mana, untuk penggunaan yang cukup sering oven gas lebih hemat.

  • Harga

Dari segi harga, memang oven listrik terlihat lebih murah. Namun untuk pemakaian rutin, terlebih untuk usaha kue atau roti homemade kecil-kecilan, lebih disarankan penggunaan oven gas. Ini karena oven gas memiliki kapasitas yang lebih besar. Sehingga cocok untuk usaha.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *