Mengenal Model-model Genset: Solar, Bensin, dll

genset masih diperlukan bahkan di perkotaan

Genset atau generator set merupakan mesin penggerak yang berfungsi merubah energi gerak menjadi energi listrik dalam besaran tertentu. Untuk menggerakan komponen mesin yang akan diubah menjadi energi listrik ini genset membutuhkan sumber bahan bakar. Bahan bakar yang umum dipakai adalah bahan bakar minyak berupa bensin atau solar. Itu sebabnya ada dikenal istilah genset bensin dan genset solar. Di pasaran banyak jenis genset yang bisa dipilih untuk berbagai kebutuhan. Berikut jenis-jenis genset yang dijual di pasaran oleh distributor genset :

  1. Genset Portable

Genset portable adalah genset yang bisa dipindah-pindah dan memiliki berat yang relatif ringan. Daya yang tersimpan pada baterai serta tenaga yang dihasilkan umumnya tidak terlalu besar, sehingga pasokan bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih hemat. Genset model ini cocok untuk kebutuhan kecil atau hanya sekadar untuk penerangan. Bahan bakar untuk menggerakan mesin genset model ini umumnya berupa LPG , bensin, maupun solar panel.

  1. Genset Gas

Genset berbahan bakar gas merupakan solusi genset yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi suara maupun udara yang berlebihan serta mengganggu. Bahan bakar yang digunakan dapat berupa LPG ataupun CNG. Genset LPG cocok untuk penggunaan rumahan karena harganya lebih terjangkau , serta tidak perlu melakukan instalasi permanen. Sementara genset CNG lebih cocok untuk penggunaan besar seperti pabrik ataupun perusahaan besar karena daya yang dihasilkan sangat besar. Genset CNG memerlukan instalasi permanen untuk pemasangannya. Disamping itu, harga bahan bakar CNG lebih tinggi dibanding LPG.

  1. Genset Bensin

Genset bensin merupakan salah satu jenis genset yang umum dijual oleh distributor genset di berbagai kota. Genset model ini menggunakan bensin (premium, pertalite, maupun pertamax) sebagai bahan bakar penggerak mesinnya. Genset model ini umumnya menghasilkan tenaga di kisaran 500 – 10000 W sehingga lebih cocok untuk penggunaan rumahan. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga tidak memakan tempat penyimpanan, serta instalasinya cenderung mudah.

  1. Genset Solar

Genset solar merupakan model genset yang umum digunakan di Indonesia. Genset ini juga mudah didapatkan dari berbagai distributor genset. Mesin diesel ini mampu menghasilkan tenaga yang sangat bervariatif mulai dari 500 – 2.000.000 watt. Tidak hanya untuk kebutuhan rumahan, model genset solar juga cocok untuk kebutuhan kantoran dan perusahan kecil. Harga bahan bakarnya juga cukup terjangkau. Kelemahannya adalah pada faktor polusi udara dan suara pada saat mesin dinyalakan.

  1. Genset Tenaga Surya

Genset tenaga surya memanfaatkan panas matahari sebagai sumber energi utamanya. Genset model ini membutuhkan panel tenaga surya untuk menyerap panas matahari dan disimpan pada baterai sebelum disalurkan untuk kebutuhan rumah. Model ini sudah banyak digunakan untuk kebutuhan lampu jalan. Harga pemasangan panel surya memang cukup tinggi, namun harga bahan bakarnya bisa dibilang 0 rupiah. Panel surya bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *